MATERI BELA DIRI


Sebenernya sih udah lama aku merhatiin, dari gerakan Sensei Hakim sebenernya...yang mengilmahiku buat merhatiin gerakan beberapa maestro ilmu beladiri lain, para Guru, Sensei, Senior or whatever-lah nyebutnya..mereka bagaimana bergerak begitu ringan, stabil, tenang, mantap dan bahkan tetap tampak tidak terganggu sama sekali...how'd be?!...amazing !!

Bagaimanapun cepat dan ganasnya lawan menyerang, mereka tetap terlihat..Mmm..gracefully, sempat aku berfikir mungkinkah mereka bergerak dengan kecepatan nano?...sehingga dapat meng'capture' dan meng'eksekusi' lawannya dengan begitu mudah?..atau karena mereka sudah terlatih sekian lama?...yaa..itu sih udah pasti !..tapi bagaimana itu terjadi?....

Rasa penasaranku akhirnya, sementara waktu ini bermuara pada satu jawaban yang aku simpulkan sendiri, bahwa kunci gerakan itu sendiri adalah "Kokyu" atau " Cara Bernafas", bernafas memang mungkin bagi kebanyakan orang cuma perkara inhale/ menarik nafas dan exhale/menghembuskan nafas, tapi lamanya tarikan dan hembusan itu serta "jalan" yang dilalui jugak moment yang tepat dalam melakukan pernafasan itu sendiri akan mempengaruhi  ketepatan serangan serta energi yang di hasilkanpun akan barbeda, perbedaan cara bernafas juga akan menghasilkan variant energi dengan reaksi yang beragam pula. mungkin akan terlalu panjang bila saya ungkapkan semua , tapi disini hanya akan saya kupas cara bernafasnya saja, sebenarnya ada banyak cara bernafas dalam ilmu bela diri terlepas dari bela diri pernafasan seperti Qi Gong dan Tai Chi, namun setelah saya tanyakan tentang kokyu pada sensei beliau memberi tahu yang tiga ini saja, sementara hasil explore saya..tentang cara bernafas ini banyak sekali...yang tiga itu yakni;

Pernafasan Langit/ Ten No Kokyu
Dilakukan dengan cara menarik nafas sambil menghisap energi dari ubun-ubun, lalu mengalirkannya ke tulang belakang memutar di daerah 'hara' lalu merambat keluar melalui rongga dada, larynx dan keluar melalui mulut tanpa terputus.

Pernafasan Keseimbangan/ Aiki No Kokyu
Dilakukan dengan cara menarik nafas dari mulut, lalu mengalirkannya ke tulang belakang memutar di daerah 'hara' lalu merambat keluar melalui rongga dada, larynx dan keluar melalui mulut tanpa terputus.

Pernafasan Energi/ Chi No Kokyu
Dilakukan dengan cara menarik nafas sambil menghisap energi dari telapak kaki, lalu mengalirkannya ke tulang belakang menuju kearah ubun-ubun lalu masuk lagi dari ubun-ubun melewati kembali tulang belakang memutar di daerah 'hara' lalu merambat keluar melalui rongga dada, larynx dan keluar melalui mulut tanpa terputus.

Saran bagi yang ingin mempraktekannya, bila tidak mampu reaksi yang langsung anda rasakan adalah pusing dan sedikit mual, oia...melalui tulisan ini, saya mohon bantuan teman-temin karena saya masih dalam tahap belajar, mohon masukannya semoga kita semua bisa saling memperkaya, Amiin.


About the author

Admin
Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar:

Template by Clairvo Yance
Copyright © 2012 Broadcasting and Blogger Themes.